Pengalaman Beli Tiket Kereta di Tokopedia


Halo guys, gw disini mau sharing pengalaman gw beli tiket kereta di tokopedia. Udah pada tau kan kalau di tokopedia juga bisa beli tiket kereta? Yups, bener sekali, lo bisa langsung ke tiket.tokopedia.com buat beli tiket kereta di tokopedia. Kenapa sih gw milih buat beli tiket di tokopedia?  Buat lo yang suka belanja online, tentu udah biasa kan dengan sistem pembayaran yang online instant juga seperti bca klikpay, mandiri click pay dll. Nah buat lo yang udah terlanjur seneng dengan semua pembayaran yang serba online, lo bisa make tokopedia karena sistem pembayaran tiket  banyak caranya, bisa make yang gw sebutin tadi, bisa juga make saldo tokopedia, mau pake credit card juga bisa. Nah disini alasan gw karena gw udah terbiasa sama sistemnya tokopedia yang gampang dan tiap pesan tiket, nama gw udah ada dan ngga usah ngisi biodata lagi. Ngga cuma itu aja alasannya.

Jadi gw rencana mau beli tiket kereta pas untuk libur lebaran(mudik). Lo pasti tau kan gimana susahnya beli tiket di libur panjang/mudik. Nah, salah satu yang buat gw milih beli tiket di tokopedia adalah dapet diskon dan ngga ada biaya channel hahahah. Jadi tiket kereta di tokopedia emang ngga ada biaya channel dan didiskon 10% lagi, lumayan penghematan. Nanti gw buktiin deh, karena biasanya setau gw diskon channel/no admin untuk kereta-kereta  yang harganya di atas 100.000 nah ini diskon channel bisa di semua jurusan. Ceritanya gw mau beli kereta dari jakarta ke cirebon nih. check this out.

1. Buka dulu web untuk pemesanan tiket di sini (tiket.tokopedia.com). setelah dibuka nanti akan terlihat tampilan seperti di bawah ini (jangan lupa login ke tokopedia dulu ya)


Nah untuk mulai mencari tiket, bisa langsung lo isi di bagian yang udah gw lingkarin warna kuning, kalo udah klik cari tiket, tampilannya akan seperti di atas, lo bisa pilih kereta yang masih ada. Karena ini tiket mudik H-5 jadi kereta yang tersedia udah dikit. Disini gw pilih cirebon ekspress dan udah keliatan sisa kursi tinggal 3. So, jangan kelamaan, keburu diambil orang hehe. Lanjut


2. Nah selanjutnya setelah klik tombol pesan pada tiket yang diinginkan, kita diminta untuk ngisi biodata. Disini lo bisa ngisi maksimal 4 tiket kereta, kebetulan gw pesen 1 dan biodata ini diisi 1 kali aja.




Sesudah lo isi semua biodata kita lanjut klik continue to payment page atau lo mau milih kursi dulu juga bisa klik choose your seat. Disini gw ngga milih kursi karena kursinya juga Cuma sisa 3, sedih :D oh iya di kotak warna kuning, lo bisa liat harga tiket sekarang Rp146.250 dari yang tadinya Rp170.000 waw lumayan kan diskonnya, apalagi kalo pembelian diatas nominal Rp400.000 bisa dapet pulsa Rp50.000 tapi harus make kode voucher TOKOPEDIAMUDIK dulu sih. Lanjut


3. Berlanjut ke halaman pembayaran nih seperti gambar di bawah. Disana terlihat berapa nominal yang harus dibayar.




Bisa dilihat, ada yang harus diperhatikan, yang saya kotaki warna merah adalah waktunya, jangan kelamaan mikir karena waktunya 10 menit untuk mikir di halaman pembayaran ini hehe. Disini saya coba masukkan kode voucher TOKOPEDIAMUDIK, siapa tau dapet :p . karena syarat nominal pembelian ngga memenuhi, otomatis gw ngga dapet pulsa deh hehe. Nah ini nih yang menarik dari tiket tokopedia, di kotak warna biru, terlihat Administration Fee nya FREE dan ini untuk semua jurusan kereta mau Ekonomi, Ekonomi AC, Bisnis, Eksekutif, Kereta Api Cepat ( Eh belum ada ya, sorry :D) nah kalo udah, lo klik deh Pay.


4. Setelah diklik tombol Pay, kita pindah nih ke halaman metode pembayaran mau make apa. Disini gw milih pake BCA KlikPay buat pembayaran tiket.

Nanti muncul tombol bayar setelah kita pilih mau make BCA KlikPay atau metode yang lain. Klik Tombol Bayar.

5. Setelah itu, kita diarahkan ke BCA KlikPay seperti gambar di bawah ini. Login ke akun BCA KlikPay kita.




6.  Cek kembali biaya yang harus dibayarkan apakah sudah sesuai, jika sudah bisa klik tombol kirim.




7. Selanjutnya kita masuk ke halaman autentifikasi, disini menggunakan OTP dengan menggunakan SMS, kode OTP yang dikirimkan ke nomer kita kita masukkan seperti gambar di bawah ini. Setelah kita yakin, kita bisa klik tombol bayar.




8. Transaksi berhasil jika saldo yang kita punya mencukupi. Tampilan transaksi sukses seperti gambar di bawah ini. Lalu kita klik tombol Kembali ke Situs Toko atau Ingin mencetak Transaksi dengan klik tombol Cetak dan bisa untuk melihat-lihat transaksi dengan klik tombol lihat transaksi.



9. Halaman transaksi sukses dari tokopedia seperti tampilan di bawah ini.


Setelah transaksi sukses, lo ntar dapet email transaksi dari tokopedia. Happy hunting ticket guys. Good Luck!

Share this:

CONVERSATION

7 komentar:

  1. kalo pembayaran lewat indomart bisa gak kakaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau gw pembayaran tiket kereta di tokopedia masih menggunakan pembayaran instant payment, saldo tokopedia, bca klikpay, mandiri clickpay, kartu kredit, mungkin bakal ditambah nanti fitur-fitur pembayarannya.

      Delete
    2. mending beli di indomaret langsung aja kalo mau bayar di indomaret
      mereka kan juga sedia tiket :)

      Delete
  2. kalo kereta kan cetak tiket pakai kode booking ya
    nanti di info kode booking nya lewat apa ya?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener sekali pasti dapet kode booking.itu di gambar terakhir, kalau transaksi sukses, kita udah dapet kode bookingnya. tokopedia juga mengirim email kita tentang transaksi pembelian, ntar disitu juga ada kode bookingnya. begitu.

      Delete
  3. Berarti kalau sudah slsai transaksi, kita cukup tunjukin gambar point 9 itu aja ke petugas? gk usah cetak tiket lgi gtu?

    ReplyDelete
  4. Berarti kalau sudah slsai transaksi, kita cukup tunjukin gambar point 9 itu aja ke petugas? gk usah cetak tiket lgi gtu?

    ReplyDelete

Thanks for reading! :)