KENAPA BEKERJA DI TOKOPEDIA ??



Bekerja adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh tiap individu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Bekerja ditempat yang nyaman merupakan harapan dari setiap orang, tak jarang beberapa orang berganti-ganti tempat kerja hanya untuk mendapat kenyamanan saat bekerja. Memang bekerja tidak ada yang mudah dan gampang, sebab dalam bekerja didalamnya terdapat tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Namun beberapa tempat kerja diluar negeri sudah menerapkan konsep lain dalam bekerja, seperti Google, Microsoft, dsb. Mereka mempunyai prinsip bahwa, kenyamanan bekerja merupakan salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan agar para pekerjanya dapat mencapai target bekerjanya secara optimal. Selain itu, tempat bekerja yang nyaman dapat menurunkan tingkat stress para karyawan di dalamnya, sehingga dapat meminimalisir karyawan tersebut resign.
Salah satu perusahaan e-commerce ternama di Indonesia telah menerapkan hal tersebut, dengan memberikan beragam fasilitas penunjang kerja yang dapat memberikan karyawannya rasa nyaman dan tidak merasa terbebani dengan tuntutan bekerja. Suasana kantor yang segar dapat memberikan aura lain pada kantor tokopedia ini. Berikut beberapa alasan Kenapa bekerja di tokopedia.    

  •  Tokopedia merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang serius dalam memajukan sektor bisnisnya.

Perlu kita semua tahu bahwa sebenarnya di Indonesia sudah mempunyai demand yang tinggi dan market yang sudah terbentuk. Transaksi online sudah dibangun lewat berbagai media seperti forum, blog, hingga situs jejaring sosial. Hanya saja karena fungsi media-media tersebut bukan untuk mengakomodasi keperluan transaksi online, banyak terjadi kendala didalamnya, misalnya terjadi kasus penipuan, hal ini dikarenakan transaksi yang terjadi umumnya hanya dibangun lewat kepercayaan dan terjadi lewat fitur bertukar pesan pribadi.


 Pada umumnya alasan pihak penjual memanfaatkan media-media tersebut untuk berjualan online, karena memanfaatkan komunitas yang sudah ada dan ramai, sehingga mereka tidak perlu repot untuk melakukan branding dan iklan yang berlebihan. Mereka juga umumnya mengalami kendala pada biaya dan waktu untuk membangun website e-commerce mereka sendiri. Oleh karena itu, tokopedia merupakan jawaban dari semua kendala yang ada pada jual beli online di Indonesia, dengan memberikan kemanan serta prosedur yang jelas dan dapat dipertannggungjawabkan. Ini pasti bisa jadi solusi yang baik untuk para pekerja yang menginginkan suatu hal yang baru untuk dikembangkan di Indonesia.

  • Tokopedia merupakan salah satu perusahaan e-commerce dengan nilai investasi yang tinggi.
Perkembangan internet yang terjadi secara global menuntut para pelaku usaha untuk berlomba-lomba mempromosikan perusahaannya agar dilirik oleh pihak asing agar dapat bekerja sama dan pihak asing tersebut untuk memberikan investasi pada perusahaan. Semakin besar nilai investasi yang diberikan dan semakin besar perusahaan yang memberikan investasi dapat berdampak pada pesatnya pertumbuhan pada perusahaan. Sejak pendiriannya lima tahun lalu, Tokopedia selalu mendapat investasi dari pihak asing dan lokal per tahunnya. Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama (2009), East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), NetPrice (2012), Softbank Ventures Korea (2013), dan baru-baru ini kembali mendapatkan pendanaan dari SoftBank dan Sequoia Capital (2014).

Pendanaan terbaru Tokopedia bahkan bernilai fantastis yakni sebesar USD 100 juta. Dengan nilai pendanaan tersebut, Tokopedia mencatat rekor sebagai startup teknologi yang mendapatkan pendanaan (yang diumumkan ke publik) terbesar dalam sejarah startup Indonesia dan bahkan Asia Tenggara. Oleh sebab itu, dengan investasi dengan nilai besar serta dikerjakan oleh orang-orang yang loyal pada bidang pekerjaanya menyebabkan pertumbuhan Tokopedi mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam valuasinya. Pada tahun 2013 saja marketplace yang melakukan monetisasi dari biaya langganan pedagangnya ini mempunyai valuasi senilai USD 20 juta (atau sekitar Rp 241,16 miliar). Itu merupakan angka valuasi tahun 2013, dengan semakin bertumbuhnya Tokopedia, angka tersebut kemungkinan semakin membesar.

  •  Tokopedia menyediakan peluang berkarir yang sangat baik dan berkompeten.

Setiap orang dalam bekerja tidak hanya mencari gaji yang besar semata, namun juga mempertimbangkan jenjang karir yang jelas dan cerah nantinya. Tokopedia dalam merekrut karyawan memang agak berbeda dengan perusahaan pada umunya. Perusahaan biasanya melakukan interview secara formal dan memberikan beberapa psikotest pada calon karyawannya, namun di Tokopedia, hal tersebut tidak terjadi. Interview dilakukan secara santai dan dilakukan oleh kepala dari divisi tersebut, yang membuat unik wawancara dilakukan dengan cara yang santai namun tetap pada topic seputar pekerjaan. 

Hal ini dapat terjadi sebab Tokopedia melihat orang bukan hanya dari skillnya semata namun pada kemauan dari orang tersebut sendiri, pada dasarnya semua orang dapat bekerja namun orang tersebut mau melakukan lebih atau tidak. Tokopedia meyakini bahwa dengan memberikan edukasi yang baik tentang pekerjaan dapat menghasilkan pekerja dengan kualitas dan mindset lebih baik. Selain itu setiap karyawan di Tokopedia diberikan fitur bernama Employee get Employee yaitu tiap karyawan berkeempatan untuk mengajak rekan atau temannya untuk bekerja di Tokopedia, apabila rekannya tersebut diterima dan bertahan selama 1 tahun maka karyawan yang merekomendasikan tersebut mendapat uang sebesar 1-5juta rupiah, menarik bukan ?

  • Tokopedia menyediakan kantor yang unik dan nyaman
Kantor pada umunya adalah gedung dengan beberapa ruangan kotak dan terdapat ruang lapang pada tengahnya yang diisi dengan kubikal (kotak-kotak) yang bersekat untuk tiap pekerjanya. Warna monochrome selalu menghiasi kantor tersebut, suasana kaku dan pemisahan ruang atasan dan bawahan menambah kesan formal dan kaku pada kantor tersebut. 







Semua hal tersebut sulit untuk anda temukan pada kantor Tokopedia, tidak ada sekat pemisah antara satu karyawan dengan yang lain, ruangan yang eksentrik dan tidak terkesan kaku sebab posisi meja dan kursi tidak terkotak. Terdapat berbagai poster dan tulisan motivasi pada dinding kantor. Ada pantry yang dapat digunakan setiap karyawan dengan segala minuman dan makanan yang dapat diambil kapan saja, serta warna hijau dengan gradasi yang menyejukan mata, sehingga karyawan merasa nyaman dan aura kekeluargaan sangat kental di kantor Tokopedia. Serta terdapat satu lantai yang ditujukan untuk semua karyawan saat ada waktu luang untuk dapat bermain dengan segala alat bermain yang disediakan seperti meja ping pong, PS 4, Nintendo wii, dsb. Menarik bukan ?

Empat faktor tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang menginginkan suasana kerja yang nyaman dan tidak kaku, serta menjadi pengalaman yang unik untuk bekerja dengan orang-orang yang mempunyai pemikiran yang kreatif serta didukung dengan gaji yang menggiurkan untuk para freshgraduated ataupun berpengalaman, sangat terbuka peluang ada untuk bergabung bersama Tokopedia dan menjadi Nakama (sebutan karyawan). Serta anda dapat berpartisipasi dalam memajukan Indonesia menggunakan Internet. Berminat ?? dapat cek link berikut https://www.tokopedia.com/careers 



Share this:

CONVERSATION

3 komentar:

  1. Wah seru banget yaa,,, jadi pengen banget nih bisa ikut gabung di tokopediaa .....

    ReplyDelete

Thanks for reading! :)