Indonesia Dalam Dunia Internet: Jadi Apa Ya Satu Dekade Mendatang? Tokopedia?

            Internet. Siapa yang tidak mengetahui tentang Internet di zaman yang serba tech ini. Mungkin memang beberapa orang tahunya Internet itu adalah Google, Youtube, Facebook, Twitter, dan lainnya. Namun Internet sebenarnya bukanlah itu, itu hanya beberapa website atau aplikasi yang bisa diakses melalui Internet. Jadi Internet itu apa donk?

Internet kalau kita kutip dari Heywood (1996) bahwa “definisi dari internet tidak lepas dari sejarah Internet. Hal ini bermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan sebuah standar baru untuk melakukan komunikasi Internetworking. Standar baru tersebut merupakan standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang. Dengan demikian, terjadilah Internet dengan kondisi jaringan yang kuat dan juga dapat menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan secara luas.

So sudah tahu ya semuanya kalau Internet itu merupakan sebuah jaringan yang luas yang saling menghubungkan satu jaringan dengan jaringan yang lain di seluruh dunia. Perkembangan yang terjadi di dunia Internet sangatlah cepat, lihat saja dulu di era akhir 1900an paling Internet yang baru kita ketahui hanya email dan messenger untuk saling kontak atau Google untuk mencari jawaban tugas. Tapi sekarang setelah lebih dari 10 tahun saja sudah sangat banyak hal-hal baru dalam dunia Internet, mulai dari social media, e-commerce, e-marketplace, e-banking, cloud, dan masih banyak lagi. Kita juga pasti sebagai pengguna merasakannya.

Sumber: BCG Report : The Internet’s new billion

Dari salah satu perkembangan Internet diatas kita ambil contoh pada e-marketplace. Tokopedia, e-marketplace pertama di Indonesia dan menjadi salah satu e-marketplace terbesar di Indonesia merupakan satu dari sekian banyak perusahaan yang berhasil memanfaatkan perkembangan di dunia Internet. Tokopedia adalah tempat bagi para masyarakat, usaha kecil, usaha besar, ibu-ibu, bapak-bapak, anak muda ataupun siapa saja yang memiliki ide bisnis untuk dapat berjualan melalui media Internet.

Tokopedia saat ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat membantu orang-orang dalam melakukan bisnis di dunia Internet, seperti e-scrow atau rekening bersama yang menjamin kepercayaan antara pembeli dan penjual dapat terjaga, gold merchant yang dapat membuat toko yang ada di Tokopedia memasarkan produk-produknya atau melihat statistic penjualan dari tokonya, harga yang fix sehingga setiap transaksi tidak perlu saling tawar lagi, bisa mengirim ke seluruh Indonesia dengan jaringan-jaringan logistic yang sudah bekerja sama, saldo Tokopedia yang memungkinkan para penjual untuk mengecek pendapatannya dan dapat mengambilnya juga, dan masih banyak lagi.

Kita lihat sekarang saja Tokopedia sudah sangat bagus dan lengkap seperti itu, pernahkah terbayang apa yang akan terjadi pada Tokopedia pada 1 dekade mendatang? Apa yang terjadi dengan Internet juga pada jangka waktu yang sama itu? Mungkin saja nantinya Internet dapat kita akses di mana saja di Indonesia, for example di jalan, di halte, di bus, di kereta, di kamar mandi, dimana-mana. Bisa jadi kalau nanti setiap orang mempunyai Jarvis seperti yang Tony Stark punya di film IronMan. Kesempatan yang datang dari Internet sangat tidak terbatas, kita bisa melakukan apa saja menggunakan Internet asalkan kita mempunyai ide, mau mencoba, mau berusaha, dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Seperti tag line Tokopedia, “Make it Happen, Make it Better”.

Dengan berkembangnya Internet maka Tokopedia pastinya juga akan berkembangan mengikuti perkembangan lah ya. Hal yang bisa saja terjadi dalam 1 dekade yang akan datang di Tokopedia adalah Tokopedia bisa menjadi lebih besar dari sekarang sehingga tidak hanya membantu masyarakat Indonesia untuk melakukan bisnis namun juga membantu masyarakat Indonesia dengan membuka lapangan pekerjaan. Tokopedia tidak hanya bisa melakukan transaksi dalam negeri tapi juga bisa ke luar negeri, mulai dari sesama Negara Asia Tenggara, bisa jadi seAsia, atau bahkan ke Eropa dan US.

 Fitur-fitur pun sangat mungkin untuk bertambah. Dari fitur Gold Merchant bisa menjadi adanya fitur Diamond Merchant, yang mana toko ini tetap berbayar seperti Gold Merchant namun Diamond Merchant seperti gelar kalau toko ini sangat jarang masuk ke Pusat Resolusi atau dapat komplain, dan toko ini telah melakukan transaksi lebih dari 1.000.000 produknya. Itu merupakan pencapaian yang sangat besar bagi sebuah toko. Bisa juga mungkin nantinya masyarakat bisa membeli tiket pesawat atau tiket bioskop, melengkapi fitur yang sudah ada saat ini seperti beli karcis kereta api dan pulsa. Yang pasti dengan salah satu landasan Tokopedia yang “Focus on Customer” maka Tokopedia kedepannya pasti akan semakin memanjakan dan memudahkan penggunanya, baik penjual dan pembeli.

Jadi kita lihat saja 1 dekade yang akan datang akan seperti apa Tokopedia. Apakah seperti yang kita prediksi barusan? Atau bahkan menjadi lebih besar lagi? Akan tetapi jangan menunggu hingga 1 dekade untuk mengakses Tokopedia ataupun mencoba berbelanja dan bahkan berjualan di Tokopedia. Kita bisa coba dari sekarang dengan masuk ke link www.tokopedia.com. Sudah cek Tokopedia belum?

Sumber: Tokopedia.com

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for reading! :)