Indonesia Dalam Dunia Internet: Jadi Apa Ya Satu Dekade Mendatang? Tokopedia?
Internet.
Siapa yang tidak mengetahui tentang Internet di zaman yang serba tech ini.
Mungkin memang beberapa orang tahunya Internet itu adalah Google, Youtube,
Facebook, Twitter, dan lainnya. Namun Internet sebenarnya bukanlah itu, itu
hanya beberapa website atau aplikasi yang bisa diakses melalui Internet. Jadi
Internet itu apa donk?
Internet kalau
kita kutip dari Heywood (1996) bahwa “definisi dari internet tidak lepas dari
sejarah Internet. Hal ini bermula pada akhir dekade 60-an saat United States
Department of Defense (DoD) memerlukan sebuah standar baru untuk melakukan
komunikasi Internetworking. Standar baru tersebut merupakan standar yang mampu
menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor
militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus
kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi
minimum akibat bencana atau perang. Dengan demikian, terjadilah Internet dengan
kondisi jaringan yang kuat dan juga dapat menghubungkan berbagai komputer ke
dalam satu jaringan secara luas.
So sudah tahu ya
semuanya kalau Internet itu merupakan sebuah jaringan yang luas yang saling
menghubungkan satu jaringan dengan jaringan yang lain di seluruh dunia. Perkembangan
yang terjadi di dunia Internet sangatlah cepat, lihat saja dulu di era akhir
1900an paling Internet yang baru kita ketahui hanya email dan messenger untuk
saling kontak atau Google untuk mencari jawaban tugas. Tapi sekarang setelah
lebih dari 10 tahun saja sudah sangat banyak hal-hal baru dalam dunia Internet,
mulai dari social media, e-commerce, e-marketplace, e-banking, cloud, dan masih
banyak lagi. Kita juga pasti sebagai pengguna merasakannya.
Sumber:
BCG Report : The Internet’s new billion
Dari salah satu
perkembangan Internet diatas kita ambil contoh pada e-marketplace. Tokopedia,
e-marketplace pertama di Indonesia dan menjadi salah satu e-marketplace terbesar
di Indonesia merupakan satu dari sekian banyak perusahaan yang berhasil
memanfaatkan perkembangan di dunia Internet. Tokopedia adalah tempat bagi para
masyarakat, usaha kecil, usaha besar, ibu-ibu, bapak-bapak, anak muda ataupun
siapa saja yang memiliki ide bisnis untuk dapat berjualan melalui media
Internet.
Tokopedia saat
ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat membantu orang-orang dalam
melakukan bisnis di dunia Internet, seperti e-scrow atau rekening bersama yang
menjamin kepercayaan antara pembeli dan penjual dapat terjaga, gold merchant
yang dapat membuat toko yang ada di Tokopedia memasarkan produk-produknya atau
melihat statistic penjualan dari tokonya, harga yang fix sehingga setiap
transaksi tidak perlu saling tawar lagi, bisa mengirim ke seluruh Indonesia
dengan jaringan-jaringan logistic yang sudah bekerja sama, saldo Tokopedia yang
memungkinkan para penjual untuk mengecek pendapatannya dan dapat mengambilnya
juga, dan masih banyak lagi.
Kita lihat
sekarang saja Tokopedia sudah sangat bagus dan lengkap seperti itu, pernahkah
terbayang apa yang akan terjadi pada Tokopedia pada 1 dekade mendatang? Apa
yang terjadi dengan Internet juga pada jangka waktu yang sama itu? Mungkin saja
nantinya Internet dapat kita akses di mana saja di Indonesia, for example di jalan,
di halte, di bus, di kereta, di kamar mandi, dimana-mana. Bisa jadi kalau nanti
setiap orang mempunyai Jarvis seperti yang Tony Stark punya di film IronMan.
Kesempatan yang datang dari Internet sangat tidak terbatas, kita bisa melakukan
apa saja menggunakan Internet asalkan kita mempunyai ide, mau mencoba, mau berusaha,
dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Seperti tag line Tokopedia, “Make it
Happen, Make it Better”.
Dengan
berkembangnya Internet maka Tokopedia pastinya juga akan berkembangan mengikuti
perkembangan lah ya. Hal yang bisa saja terjadi dalam 1 dekade yang akan datang
di Tokopedia adalah Tokopedia bisa menjadi lebih besar dari sekarang sehingga
tidak hanya membantu masyarakat Indonesia untuk melakukan bisnis namun juga
membantu masyarakat Indonesia dengan membuka lapangan pekerjaan. Tokopedia
tidak hanya bisa melakukan transaksi dalam negeri tapi juga bisa ke luar
negeri, mulai dari sesama Negara Asia Tenggara, bisa jadi seAsia, atau bahkan
ke Eropa dan US.
Fitur-fitur pun sangat mungkin untuk
bertambah. Dari fitur Gold Merchant bisa menjadi adanya fitur Diamond Merchant,
yang mana toko ini tetap berbayar seperti Gold Merchant namun Diamond Merchant
seperti gelar kalau toko ini sangat jarang masuk ke Pusat Resolusi atau dapat
komplain, dan toko ini telah melakukan transaksi lebih dari 1.000.000
produknya. Itu merupakan pencapaian yang sangat besar bagi sebuah toko. Bisa
juga mungkin nantinya masyarakat bisa membeli tiket pesawat atau tiket bioskop,
melengkapi fitur yang sudah ada saat ini seperti beli karcis kereta api dan
pulsa. Yang pasti dengan salah satu landasan Tokopedia yang “Focus on Customer”
maka Tokopedia kedepannya pasti akan semakin memanjakan dan memudahkan
penggunanya, baik penjual dan pembeli.
Jadi kita lihat
saja 1 dekade yang akan datang akan seperti apa Tokopedia. Apakah seperti yang
kita prediksi barusan? Atau bahkan menjadi lebih besar lagi? Akan tetapi jangan
menunggu hingga 1 dekade untuk mengakses Tokopedia ataupun mencoba berbelanja
dan bahkan berjualan di Tokopedia. Kita bisa coba dari sekarang dengan masuk ke
link www.tokopedia.com. Sudah cek
Tokopedia belum?
Sumber:
Tokopedia.com
0 komentar:
Post a Comment
Thanks for reading! :)