Pengalaman kami di Nakama Academy

Hallo semuanya! Kali ini kita bakalan share ke kalian terkait pengalaman kita selama mengikuti Nakama Academy di Tokopedia. Sebelumnya kalian tau gak tuh Nakama Academy itu apa? Yups! Nakama Academy adalah salah satu program untuk Newkama yang baru bergabung di Tokopedia. Nakama Academy ini udah berlangsung sejak tahun 2015. Awalnya, Nakama Academy ini berlangsung selama 2 minggu atau 10 hari kerja, kemudian dipersingkat hanya 8 hari, dan akhirnya saat kita masuk yaitu di Batch 14 tepatnya tanggal 3 Oktober 2016 Nakama Academy ini dipersingkat hanya 6 hari saja Toppers. Selama 6 hari, banyak banget acara-acara yang sengaja panitia buat untuk menyambut kita para Newkama.

Apa sih tujuan Nakama Academy itu? Nakama Academy ini diadakan untuk kita para Newkama agar lebih tau tentang Tokopedia, dari function-function apa aja yang ada di Tokopedia, tugas dari masing-masing function, pengenalan website Tokopedia, mengenali berbagai fitur yang ada di Tokopedia, dan selain itu banyak games yang bikin kita lebih akrab dan solid sama para Newkama lainnya. Banyak juga dari Nakama-Nakama lama yang share ke kita tentang ilmu yang udah mereka dapetin selama bekerja di Tokopedia. Wah, bisa dibayangin dong serunya kayak gimana :D. Selain itu Toppers, ada program baru untuk menanamkan budaya kerja di Tokopedia yang disebut sebagai Nakama System.

Apa itu Nakama System? Nakama System ini adalah konsep buddy dimana setiap Newkama yang bergabung bakal di pair dengan 1 orang Nakama. Sepanjang 30 hari pertama selama probation period, Newkama menuliskan email yang berisi tentang kegiatan selama 1 hari penuh, macam diary, dan kemudian dikirimkan kepada buddy dari masing-masing Newkama tersebut. Tujuannya dibuat Nakama System ini adalah agar para Newkama dapat mengenal lingkungan kerja di Tokopedia dengan baik, membangun habit, serta membangun empati. Banyak hal yang bisa kita dapetin selama Nakama Academy ini, selain kita dapetin banyak ilmu baru, disini kita juga punya keluarga baru yang bakalan kerja barang selama di Tokopedia.

Ok, cukup segitu basa-basinya, sekarang langsung aja masuk ke cerita kegiatan kami di sini selama Nakama Academy.

Hari 1
Pada hari pertama ini, kami dikumpulkan ke dalam ruang auditorium. Yang mengejutkan adalah ternyata kami masuk tidak sendirian, ga juga cuma berdua, tapi sekaligus berenam puluh. Pada Hari ini kami diajak untuk melakukan sesi perkenalan satu sama lain dan dibagi ke dalam beberapa klan. Pada hari ini juga kami dibagi ke dalam beberapa klan, termasuk salah satunya adalah klan wolf. Ga cukup cuma dibagi ke dalam beberapa klan, pada siang dan sore harinya juga ada materi pembelajaran mengenai blog (go blog), dilanjutkan dengan sesi Nakama introduction oleh Femme, Buddy assign, dan Product function yang menjelaskan tentang sistem toko pada Tokopedia serta pemberian tugas untuk membuat toko (Evolates).

Sesi 1 Pembagian Clan di Nakama Academy
Hari 2
Pada hari ke 2 adalah hari untuk menjelaskan mengenai hak dan kewajiban karyawan Tokopedia. Pada hari ini juga dijelaskan mengenai bagaimana kultur kerja perusahaan. Sesi di hari kedua ini terdiri dari : People Department, Legal Division, Business Function, Tech Function, Innovation PO, Finance and escrow transaction.
Sesi People Department dibawakan oleh kak Wiji

Sesi Escrow transaction dibawakan oleh kak Dede

Sesi Legal Division dibawakan oleh kak Fachmi

Sesi Business Function dibawakan oleh kak Erwin

Sesi Tech Function dibawakan oleh kak Andika Irawan

Sesi Innovation PO dibawakan oleh kak Ican

Sesi Finance and Escrow Transaction dibawakan oleh kak Steffie Himawan

Sesi Escrow Transaction dibawakan oleh kak Dede


Hari 3
Pada hari ketiga ini adalah sesinya bagian Operational (sesi customer care specialist dan sesi resolution center) . Bagian ini singkatnya adalah divisi yang menangani keluh, kesah, dan gelisahnya para Toppers yang mengalami masalah saat bertransaksi di Tokopedia. Di sini kami diajarkan barbagai hal terkait pelayanan masalah para Toppers sekalian, mulai dari cara menjawab pertanyaan di telepon, hingga menyelesaikan keributan antara penjual dan pembeli.
Sesi Customer Care Specialist oleh kak Ria
Sesi Resolution Center dibawakan oleh kak ...


Hari 4 dan 5
Hm... di hari ke 4 dan 5 juga ga banyak yang bisa diceritakan. Singkatnya adalah kami diberikan ajaran dan pengarahan dalam pembuatan sebuah website. Ga nyangka juga sebenernya kalau buat website itu ternyata cukup susah juga (sesinya aja sampe dibagi 2 hari. hehehe...)
Scrum Development


Final presentation about scrum NA-14 

Hari 6
Hari terakhir sebelum kami masuk ke dunia kerja sebenarnya. Singkat cerita, di hari ini kami menjalankan sesi sharing, motivasi dan berbagi emosi antar peserta.

Demikian cerita singkat (ga singkat juga sebenernya sih) kami tentang 6 hari mengikuti Nakama Academy. Sampai jumpa pada cerita Nakama Academy batch 15!

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for reading! :)