Membangun Indonesia Lebih Baik Lewat Internet Bersama Tokopedia

Bagi kalian yang mengikuti perkembangan dunia jual-beli online di Indonesia atau yang dikenal sebagai e-commerce, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kalimat pada judul di atas. Yap, benar sekali! Kata-kata tersebut merupakan visi yang digunakan oleh Tokopedia.


Sebelum membahas lebih lanjut lagi kenapa Tokopedia memilih sebuah visi seperti itu, ayo kita bahas dulu apa itu visi serta apa sih peran pentingnya buat sebuah perusahaan.
Visi 
Kata visi berasal dari kata vision yang dalam bahasa Inggris berarti penglihatan. Bisa diartikan apa yang dimaksud dengan visi adalah pandangan atau cita-cita jangka panjang yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan. Visi sendiri biasanya meruapakan pernyataan yang singkat dan jelas, namun bisa mencakup semua tujuan dan cita-cita dari perusahaan.
Dalam sebuah perusahaan, visi dapat menjadi sebuah media untuk menyatukan tujuan serta sasaran suatu perusahaan. Dengan demikian, suatu perusahaan memiliki landasan yang lebih jelas dalam pengalokasian sumber dayanya.
Sebelum saya bergabung dengan Tokopedia, Tokopedia sudah memiliki sebuah visi yang mulia, yaitu “Membangun Indonesia Lebih Baik, Lewat Internet”. Di balik kalimat sederhana yang penuh makna tersebut tentu saja ada banyak hal yang menjadi pertimbangan. Berikut ini adalah pertimbangan apa saja yang mendasari visi Tokopedia yang keren itu.

Bangkitnya era digital di Indonesia
Kemunculan Tokopedia tentunya didasari dari perkembangan era digital yang sedang terjadi di Indonesia. Salah satu penandanya adalah kemunculan wadah-wadah yang mau menampung produk-produk kreatif lokal seperti INAICTA (Indonesia ICT Awards) dan juga Bubuawards (pioneer untuk web awards di Indonesia).

Indonesia berpotensi besar sebagai pasar
Image via SosmedToday.com
Dibandingkan dengan negara lain, potensi Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Mengapa? Jumlah penduduk serta jumlah pengguna internet yang tinggal di Indonesia sangatlah banyak. Ditambah lagi, angka tersebut berpotensi untuk terus meningkat.

Namun, prestasi yang sering diangkat di mata dunia adalah "Indonesia sebagai pasar". Nah, yang dimaksud Indonesia sebagai pasar contohnya adalah Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia, atau Jakarta terpilih sebagai kota dengan pengguna Twitter paling aktif di dunia. 

Bukannya lebih baik tuh kalau kita juga berprestasi sebagai produsen dan nggak melulu berprestasi sebagai pasar?

Terinspirasi oleh Jack Ma
Image via Tech in Asia
Tokopedia sangat terinspirasi oleh Jack Ma, seorang mantan guru bahasa Inggris yang sekarang menjadi pendiri Alibaba. Pada proses berkembangnya Alibaba, Jack Ma dihadapkan pada permasalahan yang cukup berat, yaitu datangnya eBay C2C (customer-to-customer) raksasa dunia yang mengakuisisi C2C lokal terbesar di China pada saat itu. Keputusan Jack Ma selanjutnya pun cukup mencengangkan karena dia memutuskan untuk memasuki pasar C2C yang sudah jelas dimenangkan oleh eBay dengan membangun produk baru bernama Taobao.

Alasan Jack Ma membuat keputusan itu sih cukup simpel. Jack Ma mengilustrasikan eBay sebagai ikan hiu di samudra yang luas, sedangkan dirinya sebagai buaya di sungai yang kecil. Ketika bertarung di samudra yang luas, buaya nggak mungkin menang. Tapi, kalau bertarung di sungai yang kecil, buaya yang menang. Hal ini menginspirasi pendiri Tokopedia bahwa orang lokal selalu mempunyai kelebihan yang unik untuk bersaing di pasar global.

Nah dengan beberapa alasan tersebut, akhirnya tercetuslah sebuah visi Tokopedia yang cukup sederhana dan mulia, yaitu "Membangun Indonesia Lebih Baik, Lewat Internet". Founder Tokopedia William Tanuwijaya pun juga berharap nih supaya para pemuda Indonesia bisa menjadi buaya Kapuas yang bisa mengalahkan hiu-hiu globalisasi.

Jadi untuk para pembaca yang mau membangun Indonesia lebih baik lagi, boleh cek ke website Tokopedia nih buat gabung dengan para Nakama.

Image via Fanpop

Sudah cek Tokopedia belum?

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for reading! :)