TOKOPEDIA, Apaan Tuh?

T O K O P E D I A, hal pertama yang terlintas dalam pemikiran orang-orang ketika mendengar kata tersebut saat ini bisa bermacam-macam. Misalnya, “Ohhh, yang iklannya Isyana Sarasvati itu ya??” atau mungkin juga, “Tempat jualan online yang logonya warna ijo-ijo gitu kan?” Namun jika kita kilas balik kira-kira 1-2 tahun lalu, kalimat tersebut tidak akan muncul setelah mendengar kata Tokopedia. Mungkin yang keluar dari mulut orang lain bisa jadi seperti ini, “Hah? Apaan tuh Tokopedia?” Well, sejujurnya saya sendiri mungkin akan jawab seperti itu juga kalau ada yang bertanya.


Tokopedia sendiri sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2009. Kalau dihitung sampai saat ini, umur Tokopedia sudah enam tahun. Tokopedia adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce atau perdagangan elektronik berbentuk marketplace yang merupakan suatu platform atau wadah bagi para penggunanya untuk memudahkan kegiatan jual beli online, sehingga tercipta transaksi jual beli yang dilakukan melalui media internet. 

Awalnya tidak terlalu banyak orang yang tahu tentang Tokopedia, tetapi pada tahun 2014-2015 bisa dibilang terjadi perkembangan pesat, Tokopedia mulai banyak dikenal orang dan melakukan kegiatan jual beli di sana. Perkembangan tersebut terjadi karena Tokopedia gencar melakukan promosi melalui iklan, juga dipengaruhi faktor pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Saat ini e-commerce menjadi suatu hal yang tidak luput dari keseharian orang-orang, khususnya di kota-kota besar, atau dengan kata lain dapat disebut sebagai lifestyle.
Namun, Tokopedia yang semakin terkenal, juga menimbulkan efek lain pula. Membeludaknya transaksi jual beli ternyata menimbulkan masalah sehingga dilakukan penerimaan karyawan baru dalam jumlah cukup besar untuk menangani masalah ini. Alhasil, jumlah karyawan Tokopedia bertambah pesat yang kini sudah mencapai sekitar 400 orang. Well, well, well... peningkatan jumlah karyawan ini mungkin membuat orang awam bertanya-tanya, “Kenapa perusahaan itu bisa laku ya? Emang bisnis apa sih mereka kok bisa nambah karyawan segitu banyak?”. Namun lain halnya jika mereka sudah tahu perusahaan apa sih Tokopedia itu dan bergerak di bidang apa. Fyi, saat ini Tokopedia berkantor di Wisma 77 Tower 2, Slipi, Jakarta Barat. Tokopedia menempati 5 lantai di gedung ini yaitu lantai 2, 6, 7, 18, dan 23. Masing-masing lantai memiliki fungsi dan “penduduk” yang berbeda. Sebelum saya masuk sebagai Newkama, saya pernah dengar bahwa kantor Tokopedia beda dari kantor-kantor konvensional lainnya. Dan memang hal ini terbukti, bahwa kantor Tokopedia itu unik dan dikemas dalam suasana yang “fun”, pokoknya sangat berbeda dengan kantor-kantor yang pernah saya kunjungi sebelumnya.  


Saya sangat senang dapat masuk sebagai anggota keluarga Tokopedia dan punya kantor yang keren (plus parkirnya gratis dan bisa pakai kaos + jeans tiap hari, lho!). Mudah-mudahan Tokopedia dapat berkembang lebih baik lagi dan berguna bagi masyarakat luas. Aamiin.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for reading! :)