15 Surga Tersembunyi yang ‘Instagrammable’ untuk Perjalanan Romantismu

Masyarakat sejak lama sepakat menjadikan Februari sebagai Bulan Kasih Sayang, kehadiran Hari Valentine di bulan ini menjadi momen spesial bagi pasangan. Tak ada salahnya jika kamu istirahat sejenak dari padatnya rutinitas dan pergi berwisata dengan orang terkasih. Tentunya perayaan sekali setahun ini akan sangat berkesan jika dihabiskan di tempat yang tepat ya J Untuk kamu yang gemar menikmati perjalanan, Lima Daerah di Pulau Jawa yang menyajikan ‘Surga Tersembunyi’ untuk perjalanan romantis dengan pasangan ini mampu dijangkau hanya dengan Kereta api lho. Yuk! Lihat rekomendasi destinasi yang Instagrammable berikut ini.

BANDUNG

1. Situ Patenggang

(Ki-Ka) Lakeside Rancabali, Resto Pinisi, Glamping di Lakeside Rancabali, Situ Patenggang.


Danau Patenggang yang terletak di Bandung Selatan ini sudah terkenal sejak lama karena Batu Cintanya. Tempat ini, menjadi simbol Cinta karena Legenda Pateanganteangan antara Prabu Ki Santang dan Dewi Rengganis yang akhirnya dipertemukan di tempat ini setelah sekian lama berpisah. Meskipun sudah terkenal dengan legendanya, namun pesona wisata alam di Situ Patenggang tak pernah hilang karena selalu muncul spot wisata baru di tempat ini. Salah satunya adalah Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey. Objek wisata modern berbasis alam ini baru dikenal publik pada pertengahan Tahun 2016. Letaknya adalah di Wisata alam Ciwidey, tepatnya di Tepian Situ Patenggang. Objek wisata ini, menyuguhkan view perbukitan yang menakjubkan dan udara yang sejuk. Mulai dari resto unik hingga pengalaman Camping berdua yang ‘Mewah’ bisa kamu temui di sini, hampir semua spot di Wisata alam ini begitu cantik untuk kamu abadikan. Suasana alam yang menenangkan juga sangat cocok untuk relaksasi tubuh dan pikiran dengan pasangan.


2. Lereng Anteng Panoramic Coffee, Punclut


(Ki-Ka) Spot Semi Outdoor dan Spot Outdoor

Cafe bergaya outdoor dengan view pegunungan yang cantik ini juga cocok untuk dijadikan destinasi romantis. Lereng Anteng baru saja dibuka untuk umum sejak 1 Juni 2016, terbagi menjadi  beberapa bagian tempat, yaitu indoor, semi outdoor, dan outdoor. Untuk outdoor, berada di lereng tebing Pager Maneuh dilengkapi dengan kursi-kursi kayu dan 5 buah tenda transparant. Sedangkan semi outdoor, dengan pemandangan langsung bukit Punclut dilengkapi dengan meja-meja kayu dan bean bag unik. Sedangkan indoor dilengkapi dengan bean bag dan khusus untuk no smoking area.

3. Lawang Wangi Cafe & Art Space


Spot Favorit di Lawang Wangi dan Suasana saat malam hari.

Lawang Wangi Cafe & Art Space ini terletak di Kawasan Wisata Dago, Bandung. Suasana yang sejuk saat siang dan sore hari di sini cocok untuk dijadikan tempat mengobrol santai dengan pasangan sambil menikmati makanan, ditambah dengan view hamparan pergunungan dan lembah yang sangat tampak hijau . Saat malam hari tiba, alternatif lain yang bisa dilakukan? tentunya adalah candlelight dinner dengan Pemandangan Bandung dengan kelap kelip lampu dari ketinggian. Super romantis!

4. Trizara Resorts


(Ki-Ka) Spot Glamping, Toilet dalam salah satu tendang Glamping, View pegunungan yang terhampar luas, Netra camp di Trizara Resorts

Bosan dengan wisata romantis yang itu-itu saja? Kamu bisa coba camping dengan pasangan. Tanpa harus repot, kamu bisa menikmati pengalaman Glamping atau Glamourous Camping alias Kemping Mewah di Trizara. Area di Trizara sangat hijau karena penuh pepohonan, fasilitasnya lengkap dan udaranya sejuk, sangat cocok dengan arti nama ‘Trizara’ yang diambil dari bahasa Sansekerta, yakni  ‘Taman dari Surga’. Mulai dari sunset, sunrise, dan tentunya view gunung Tangkuban Perahu bisa kamu nikmati di sini.

BOGOR
5. Curug Leuwi Lieuk




Tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika untuk menikmati pemandangan ala Green Canyon. Di Bogor kamu dan pasangan bisa wisata romantis yang penuh petualangan di Curug Leuwi Lieuk. Air terjun yang dikelilingi tebing ini memiliki air yang bening berwarna hijau yang masih segar. Kamu dan pasangan bisa mencoba alternatif lain menghabiskan waktu berdua dengan hiking, bersepada, atau bahkan body rafting. Seru kan?

 6. Little Venice, Puncak





Little Venice merupakan danau buatan yang dirancang dengan arsitektur semirip mungkin layaknya Kota Venesia di Italia. Kamu dan pasangan bisa menikmati pemandangan sambil naik Gondola, mau mendayung sendiri? Bisa! Lelah dan ingin bersantai saja dengan pasangan? Tenang saja, karena ada petugas yang akan membantu kamu mendayung, kok.

7. Taman Sakura, Cibodas




Kebun Raya Cibodas memiliki salah satu spot yang cocok untuk perjalanan wisata yang romantis. Apa rasanya berjalan-jalan di Taman yang dikelilingi Bunga Sakura? Tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk pergi ke Jepang, di sini kamu bisa menikmati jajaran pohon Bunga Sakura yang telah ditanam sejak tahun 1971. Di kelilingi panorama Gunung Gede-Pangrango, terdapat sekitar 435 pohon bunga sakura di sini. Kamu dan pasangan bisa menyaksikan keindahan bunga-bunga tersebut 2 kali setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli Agustus. Sangat pas untuk perayaan Hari Valentine ya!

8. Taman Safari Indonesia Indah



(Ki-Ka) Safari Night dan Fire Dance

Meskipun Bogor banyak menyuguhkan destinasi Wisata yang mirip dengan tempat wisata terkenal di dunia, namun Taman Safari tetap menjadi primadona wisata di Bogor. Eksotisme Bumi Indonesia menjadi pilihan wisata romantis dengan pasangan. Salah satu yang patut di coba adalah Safari Night. Kamu dan pasangan bisa menikmati pemandangan hewan-hewan liar di malam hari dengan kendaraan terbuka. Suasana malam yang hening dan sunyi, memungkinkan kamu mendengar suara serangga malam yang bersahutan khas pegunungan, selain itu hamparan bintang pun bisa kamu nikmati. Pilihan wisata yang beda & patut dicoba.


SEMARANG
9. Gunung Kelir



Jika kamu dan pasangan gemar mengeksplor tempat-tempat wisata yang masih baru, maka Gunung Kelir menjadi tempat yang tepat. Gardu Pandang Lereng Kelir terletak di kawasan Gunung Kelir, tepatnya di Dsn. Brongkol, Ds. Gertas, Kec. Jambu, Kota Ambarawa, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di ketinggian715 mdpl membuat pemandangan yang dilihat sangat menakjubkan. Pemandangan berupa hamparan hamparan hijaunya hutan, lembah yang berupa ngarai pegunungan, rawa pening, puncak Gunung Ungaran hingga ke Puncak Gunung Telomoyo bisa menjadi latar yang tepat untuk terjadinya momen spesial. Terpikir untuk melamar pasangan kamu di sini?

10. Candi Gedong Songo



(Ki-Ka) Eye bird view Gedong Songo, Cottages, Lokasi salah satu candi dan jalan setapak untuk berjalan atau menunggang kuda.

Kado untuk hari kasih sayang tak harus selalu dalam bentuk barang. Kamu bisa lakukan permainan kecil untuk pasanganmu di sini. Candi Gedong Songo adalah komplek pelataran Candi Peninggalan Hindu yang terdiri dari 9 Candi. Tiap candi letaknya menyebar dan untuk mencapainya kamu dan pasanganmu harus menyusuri jalan yang menanjak baik dengan berjalan kaki atau menaiki kuda. Candi ke-9 terletak di puncak bukit, untuk menuju kesana memang melelahkan, tapi di atas kamu bisa menghadiahkan pasangan kamu dengan pemandangan yang menakjubkan loh. Suasana yang sejuk, adanya kabut tipis, dan jajaran pepohonan pinus akan membuat perjalanan kamu berkesan.

YOGYAKARTA
11. Bukit Mojo Gumelem


(Ki-Ka) Gardu Pandang Hati, Gardu Pandang Bambu, Sarang burung raksasa, dan Gardu Pandang Bunga Matahari.

Untuk pasangan yang gemar hunting foto, tak ada salahnya momen hari kasih sayang dihabiskan dengan mengeksplor spot-spot foto yang anti mainstream di Bukti Mojo Jogja.Bukti ini terletak di Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo  Di sini, kamu bisa menemukan Sarang burung raksasa di ketinggian, Gardu Pandang berbentuk Bunga Matahari, dan tentu saja Gardu Pandang berbentuk Hati atau ‘Love’ sangat artistik, kan? Hamparan lembah dan pegunungan yang hijau menjadi pemandangan utama kamu dan pasangan. Bila datang pagi hari, kamu dapat menikmati kabut tipis yang menggelayut di bawah bukit, yang membuat  seperti sedang berada di negeri atas awan. Untuk pengalaman lain yang tak kalah menakjubkan, kamu bisa pergi untuk menikmati sunset maupun sunrise dari Gardu pandang.

12. Pantai Watu Lumbung




Merasa jenuh dengan suasana pantai pada umumnya? Kamu dan pasangan sebaiknya mengunjungi pantai Watu Lumbung. Pantai yang terkenal dengan Batu Karang besarnya ini terletak di Gunung Kidul, surga bagi pecinta pantai karena menyajikan pantai-pantai baru yang sangat indah. Berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki pasir putih di bibir pantai. Pantai Watu Lumbung terdiri dari batuan karang yang tersebar di sekitar pantai dan jajaran bukit yang hijau. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pantai atau memancing bersama pasangan. Unik ya!


MALANG

13. Coban Rais, Batu



(Ki-Ka) Ayunan ekstrim dan Gardu Pandang "I ❤ U"

Pemandangan alam di Coban Rais, Batu, Malang ini memang sudah terkenal sejak dahulu. Namun, ada tiga spot foto terbaru yang membuat objek wisata ini menjadi viral di sosial media. Pertama, Gardu pandang di Bukit Bulu yang berbentuk tulisan “I ❤ U”, Bukti Flower di pinggir Tebing, dan Spot ayunan yang berada di ketinggian. Ketiganya sama-sama memacu adrenalin namun semua akan terbayar dengan suguhan pemandangan dan keunikan foto yang diabadikan di tiga spot baru ini. Bisa untuk tempat Pra-Wedding Photoshot juga nih!

14. Coban Talun, Malang



(Ki-Ka) Spot kemping Apache dan Taman bunga 

Kawasan wisata alam air terjun Coban Talun terletak di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur.Di sini, kamu akan menemui jajaran tenda ala Indian yang dinamakan Apache Camp, barisan pohon pinus yang menjulang, dan hamparan padang bunga berwarna ungu yang cantik sekali. Di sini, kamu bisa bermalam atau sekedar berfoto menikmati udara Kota Malang yang sejuk.

15. Watu Leter Beach




Menikmati pantai di Malang? Kamu dan pasangan tidak akan menyesal karena tidak kalah dengan yang ada di Jogja. Pantau Watu Leter Malang adalah salah satu alternatif wisata pantau yang masih ‘perawan’ di Malang. Pantai ini terletak di Dusun Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. Pantai Watu Leter memiliki pasir yang lembut dan bersih, batu karang yang menjulang berada di bibir pantai terlihat sangat indah. Pantai ini tampak mirip dengan sebuah kolam yang cukup tenang, beberapa pohon yang ada di pinggir pantai terdapat pohon yang cukup hijau dan rimbun, dan cukup untuk berteduh dari teriknya sinar matahari.Kamu juga bisa mengunjungi hutan mangrove yang dikelilingi air payau yang tenang dari sebuah sungai Sitiarjo yang bermuara di Pantai Watu Leter. Selain berjalan di tepi pantau dan bermain air, kamu dan pasangan bisa menyusuri sungai untuk melihat keindahan hutan mangrove dengan perahu yang tersedia, selain dengan pemandangan yang cukup indah pantai ini juga tempat pendaratan penyu untuk betelur. Benar-benar akan menjadi pengalaman yang berkesan.

Itulah tadi daftar tempat wisata yang tergolong masih ‘tersembunyi’ atau  anti mainstream di kalangan traveler. So... Let’s call your loved one, pesan tiket kereta apimu sekarang dan mulai petualangan seru yang super romantis ke tempat-tempat di atas. Jangan lupa abadikan momen romantismu dan share ke teman-teman ya! Happy Valentine
Sumber Foto : Instagram dan Istimewa

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for reading! :)